Cara Menggandakan Aplikasi Android di Semua HP

Cara Menggandakan Aplikasi - Salah satu kelebihan HP android adalah pengguna dimanjakan dengan berbagai aplikasi yang punya fungsi masing-masing. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store. Dan hampir semua aplikasi yang disediakan bisa kita gunakan secara gratis.

Berbicara mengenai aplikasi android, terkadang sebagian dari kita ingin memiliki 2 aplikasi yang sama di dalam satu perangkat android. Misalnya saja aplikasi WhatsApp, yang mana umumnya satu aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk satu nomor telepon. Karena itulah, beberapa pengguna ingin melakukan kloning WhatsApp agar bisa menggunakan 2 WhatApp di satu HP android. Cara ini juga bisa dilakukan pada aplikasi lainnya selain WhatsApp. Lantas, bagaimanakah cara menggandakan aplikasi android tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!


Cara Menggandakan Aplikasi Android di Semua HP

 

Sebenarnya sangat mudah untuk mengkloning semua aplikasi yang ada di HP android. Hanya saja, tidak semua pengguna mengetahuinya. Jika Anda juga salah satunya, simak informasi berikut ini mengenai cara gandakan aplikasi android yang mudah.

 

1. Menggunakan fitur bawaan HP

Sebagian besar HP keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur untuk menggandakan aplikasi. Salah satunya adalah Xiaomi yang menyematkan fitur bernama Dual Apps di setiap smartphone terbarunya. Fitur Dual Apps ini sendiri sudah bisa diakses oleh HP Xiaomi yang sudah mengadopsi MIUI 7 ke atas.

Adapun langkah menggandakan aplikasi di Xiaomi dengan Dual Apps selengkapnya, yakni:

 

  • Langkah pertama Anda masuk ke menu Setelan atau Settings. 
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Aplikasi Ganda atau Dual Apps. 
  • Nantinya akan muncul list aplikasi yang bisa Anda gandakan dengan fitur Xiaomi satu ini. Perlu diketahui, tidak semua aplikasi yang terinstall bisa Anda gandakan. Tidak perlu berkecil hati, karena hampir semua aplikasi terbaru sudah mendukung fitur Dual Apps dari Xiaomi ini. 
  • Pada aplikasi yang ingin digandakan, Anda nyalakan Toogle dengan menggesernya ke arah kanan. 
  • Sampai di sini Anda sudah berhasil menggandakan aplikasi di Xiaomi. Sekarang cek aplikasi gandanya di menu layar utama HP. 

 

2. Menggunakan aplikasi Parallel Space


Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan penggandaan aplikasi di android dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang punya fungsi tersebut yakni Parallel Space. Tidak seperti sebelumnya, Parallel Space diklaim mampu menggandakan semua jenis aplikasi yang terinstall di HP android. Untuk langkah-langkah menggunakan aplikasi Parallel Space selengkapnya, sebagai berikut:

 

  • Langkah pertama Anda install aplikasi Parallel Space melalui Google Play Store. Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut. 
  • Pada tampilan utama aplikasi, akan muncul list aplikasi yang terinstall di HP android anda. Pilih salah satu atau beberapa aplikasi yang ingin dikloning atau digandakan dengan mengaktifkan Tanda Centang. 
  • Setelah itu, klik tombol Add to Parallel Space. Secara otomatis, aplikasi yang sudah ditandai tadi akan langsung digandakan di dalam aplikasi. 
  • Jika ingin menambahkan aplikasi kloning, tinggal masuk ke Parallel Space kemudian pilih Tambahkan Aplikasi. 

 

Cara satu ini sangat mudah dilakukan, bahkan bagi Anda yang masih pemula sekalipun. Tetapi sayangnya, untuk menggunakan aplikasi yang dikloning atau digandakan Anda perlu mengaksesnya melalui aplikasi Parallel Space tersebut.

 

Itulah tadi cara menggandakan aplikasi android yang mudah di semua tipe HP bisa coba Anda terapkan. Dengan mengetahui cara ini, Anda tidak perlu lagi membeli HP baru untuk menggunakan 2 aplikasi yang sama.